From the blog

Fungsi Komponen Dan Cara Kerja AC Mobil

Buat sobat pengguna mobil tentunya sudah tidak asing bukan dengan istilah itu, bahkan ac telah menjadi kebutuhan paling utama bukan apalagi sewaktu kena macet di jalan. Berikut ini akan membagikan fungsi komponen dan cara kerja ac mobil yang sudah kami rangkum dalam artikel di bawah ini :

Fungsi komponen dan cara kerja AC mobil

Berikut ini beberapa fungsi dan cara kerja AC mobil yang sudah kami rangkum dalam artikel ini silahkan simak dan baca dengan seksama.

Fungsi komponen

Kompressor

Kompressor AC mobil berfungsi untuk mengalirkan refrigerant freon media pendingin di dalam sistem AC mobil. Kompresor AC mobil umumnya digerakkan oleh mesin mobil itu sendiri. Agar kompresor bisa dihidupkan dan dimatikan sesuaikeinginan saat menggunakan AC, maka penghubung putaran ke mesin menggunakan kopling magnet.

Kondensor

kondensor pada sistem AC mobil berfungsi untuk mengkondensasikan media pendingin di dalam sistem. Gas freon dirubah menjadi bentuk cair di dalam kondensor. Ini dapat terjadi karena ada pelepasan panas ke udara luar melalui sirip-sirip kondensor.

Filter atau dryer

Filter atau dryer pada sistem AC berfungsi untuk menyaring partikel kotoran di dalam sistem. Filter atau dryer juga menyerap uap air yang ikut beredar di dalam sistem. Kotoran yang ikut beredar di dalam sistem dapatmenyumbat saluran-saluranyang ada, sehingga dapat mengganggu kerjanya sistem AC. Sedangkan uap air yang ikut beredar dalam sistem dapat terjadi pembekuan karena temperatur media pendingin bisa turun di bawah 0 0C, hal tersebut dapat menyumbat yang akhirnya mengganggukerjanya sistem AC.

Katup expansi

Katup expansi pada sistem AC berfungsi untuk menurunkan tekanan media pendingin. Refrigan atau freon yang berbentuk cair bertekanan tinggi diubah menjadi tekanan rendah dalam bentuk kabut. Akibat dari penurunan tekanan tersebut maka temperatur media pendingin menjadi turun drastis.

Evaporator

Evaporator berfungsi sebagai pemanas ketika angin yang dihembuskan oleh blower melewati heater. Heater mendapatkan panas yang berasal dari saluran radiator pada mesin mobil. Heater pada mesin mobil sering ditemukan pada mobil yang sengaja dibuat untuk daerah yang memiliki suhu udara dingin sehingga berfungsi sebagai penghambat di dalam kabin mobil.

Cara kerja sistem AC mobil

Kompresor di gerakkan oleh mesin mobil, memompa dan mensirkulasikan media pendingin atau freon yang masih berbentuk gas ke dalam sistem dengantekanan tertentu. Selanjutnya media pendingin tersebut dialirkan ke kondensor, di kondensor freon didinginkan dengan melepas panas ke udara luar lewat sirip-sirip kondensor. Dikarenakan temperaturnya menurun maka media pendingin yang tadinya berbentuk gas dari kompresor akan berubah menjaddi media pendingin berbentuk cair.

Selanjutnya media pendingin tersebut dialirkan ke Filter atau dryer untuk dilakukan penyaringan maupun pengeringan terhadap uap air yang ikut beredar di dalam sistem. Freon yang sudah difilter, di alirkan ke katup expansi untuk menurunkan tekanan freon, karena tekanan turun maka otomatis temperatur juga turun, akibat dari penurunan tekanan media pendingin berubah menjadi kabut dengan temperatur yang rendah.

Freon yang sudah turun tekanannya dan temperaturnya dialirkan ke evaporator, akibatnya evaporator menjadi dingin. Udara yang mengalir melalui sirip-sirip evaporator panasnya diserap sehingga temperatur udara tersebut menjadi turun. Udara yang sudah turun temperaturnya dialirkan kedalam ruang kendaraan sehingga terasa sejuk. Sementara itu di dalam evaporator terjadi perubahan bentuk pada freon, yang semula berbentuk kabut dari katup expansi berubah menjadi gas pada evaporator. Media pendingin yang sudah dalam bentuk gas dari evaporator siap dihisap dan di sirkulasikan ke dalam sistem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
×
Hello?
Can I help you?